Bahasa Indonesia

Pelatihan Lapang/Field School/Workshop Biologi Konservasi dan Kesehatan Global Tahun 2016 Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi, University of Washington, dan Institut Pertanian Bogor

Mengacu pada program prioritas Universitas Sam Ratulangi yaitu “Pengembangan Potensi Sumber Daya Alam dan Manusia yang berkelanjutan di Kawasan Pasifik dengan bidang unggulan perubahan iklim dan keanekaragaman sumber daya alam hayati dan lingkungan, maka Fakultas Peternakan bekerja sama dengan University of Washington serta Institut Pertanian Bogor telah melaksanakan Pelatihan Lapang/Field School/Workshop Biologi Konservasi dan Kesehatan Global di Taman Wisata Alam Batu putih dan Cagar Alam Tangkoko dengan tujuan untuk  meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa, pemerhati, staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam dalam bidang biologi konservasi dan kesehatan global, serta meningkatkan kesadaran, kepedulian, kemampuan generasi muda untuk melestarikan cagar alam Tangkoko. Pelaksana lapang kegiatan ini adalah Prof. Randall Kyes Ph D (University of Washington) dan Dr. Meis Jacinta Nangoy, drh., MSi (Universitas Sam Ratulangi) serta team pengajar (Dr.Ir.Tiltje Ransalleh.,MSi, Dra Hetty Wungow.,MSi dan Ir. Handry Lengkong MSi) yang didukung oleh staf Laboratorium Satwa Liar, Endemik dan Langka Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta yang terdiri dari 8 (delapan) orang mahasiswa Fakultas Peternakan, 6 (enam) orang mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Dumoga Kotamobagu, 2(dua) orang Staf Balai Konservasi Sumberdaya Alam Propinsi Sulawesi Utara, serta 4 (empat) orang pemerhati pelestarian alam Batu putih. Pelaksanaan kegiatan berlangsung pada tanggal 9 hingga 18 Mei 2016  bertempat di Taman Wisata Alam Batu Putih Tangkoko Bitung. Penyampaian materi pelatihan dilakukan dalam bentuk kuliah dan praktek penggunaan alat seperti GPS, Range Finder, Camera Trap, Blow Pipe, Light Trap, Radio Telem  aerial Drone-UAV serta line transect sampling, fecal parasite sampling. Topik bahasan meliputi The Human-Enviroment Interface, Conservation Biology, Threats to biology diversity, Global Health- Riks to Human Health (Health concerns to local people) , animal behaviour, Biodiversity, The Primates, The Bats, The butterflies, and The Dragonflies,Management and Conservation Strategies, Human-Wildlife Interaction and Conflict Human-Primate Conflict ,Risks to Primates (Conservation Medicine), Emerging Infectious Disease & Human Health Risks.

Dalam kegiatan ini dilakukan juga penyuluhan (community outreach program) bagi guru dan siswa sekolah dasar Batu putih.

 

19thannf

Peserta Field Course in Conservation Biology & Global Health ke 19 tahun 2016 bersama Prof Randall Kyes PhD dan Dr.Meis J.Nangoy drh.,MSi

 

19thannf

Penyampaian Materi oleh Prof Randall Kyes PhD

 

19thannf

Praktek Telemetri di Taman Wisata Alam Batu Putih

 

19thannf

Praktek Aerial Drone UAV

 

19thannf

Praktek Camera Trap

 

19thannf

Praktek Blow pipe

 

19thannf

Juara melukis tentang Alam Tangkoko Kelas III tingkat Sekolah Dasar

 

19thannf

Gerak tari serta lagu lagu cinta alam menjadi topik utama pelaksanaan community outreach bagi siswa Sekolah Dasar Batu Putih

Seminar Biologi Konservasi dan Kesehatan Global

Pada tanggal 19 Mei 2016 bertempat di Lantai IV Gedung Rektorat Unsrat, International Office Unsrat telah melaksanakan Seminar "Biologi Konservasi dan Kesehatan Global Dengan tujuan Promoting Conservation Biology & Global Health. Kegiatan ini adalah kerjasama Universitas Sam Ratulangi dengan Universty of Washington, Seattle USA dengan panitia pelaksana dosen Laboratorium Satwa Liar, Langka dan Endemik Fakultas Peternakan.
Prof Randal Kyes PhD sebagai pembicara utama memaparkan topik "Global Partnerships in Field Training & Outreach EducationUNSRAT–UW–IPB a Model of International Collaboration for 20 Years". Pada seminar ini beberapa dosen turut pula memaparkan hasil penelitiannya yaitu; Dr. Ir.Tiltje Ransaleleh (Fakultas Peternakan) tentang Potensi Kelelawar dalam Biologi Konservasi dan Kesehatan Global, Dr.Trina Tallei memaparkan hasil penelitian dari Trina Tallei, Saroyo, Roni Koneri dan Meis Jacinta Nangoy yang berjudul Density Tangkasi di Gunung Tumpa Sulawesi Utara , Dr. Saroyo memaparkan hasil penelitian dari Martina Langi dan Saroyo yang berjudul Biodiversitas Mamalia di PT Kawanua Kahuripan Pantera Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Sualwesi Utaea , serta Ir Handry Lengkong MSi tentang Morfologi Kelelawar di Cagar Alam Tangkoko.

smbio1

Ir.Jouke Manoppo.,MSi (Fakultas Peternakan), Prof.Randall C.Kyes,PhD., dan Dr.Ir. Wiske Rotinsulu (Kantor Urusan Internasional Unsrat)

 

smbio2

Topik utama seminar

 

smbio3

Pembicara dalam seminar beserta panitia

Dies Natalis FISIP ke 51

Bertempat di Graha Bumiberingin (15/9/2015) dilaksanakan acara puncak Dies Natalis ke-51 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unsrat dalam Rapat Senat Terbuka yang dipimpin oleh Ketua Senat Dr. Daud M. Liando, SIP, MSi.

Acara ini juga dirangkaikan dengan Ucapan Syukur 10 tahun kepemimpinan Gubernur Provinsi Sulut Dr. Sinyo Hari Sarundajang.
oleh panitia pelaksana yang diketuai Drs. Ronny Gosal, walaupun dilaksanakan secara sederhana, namun acara berlangsung dengan sukses, meriah dan penuh kekeluargaan dengan dihadiri oleh Gubernur Sulut Dr. S.H. Sarundajang, Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc DEA, Dekan Fispol Drs. Philep Regar, MS, Pimpinan dan anggota Senat Fispol, Para Wakil Rektor, Para Dekan, Wakil Dekan, Pimpinan Lembaga, Ketua Senat Unsrat Prof. Dr. Ir. Janny D. Kusen, MSc, Pimpinan Jurusan/Prodi, dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.

Turut hadir juga Anggota DPD RI utusan Sulawesi Utara Arianti Baramuli.

 

 

 

 

 

 

 

Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan

Untuk menunjang pembangunan sarana dan prasarana kemaritiman, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat, Kenenko Kemaritiman dan Kenenterian Kelautan dan Perikanan mengadakan Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan dengan tema "Pengelolaan Potensi Kemaritiman Secara Komprehensif" yang dilaksanakan di Hotel Sintesa Peninsula Manado (15-17 September 2015) yang melibatkan dosen, mahasiswa, LSM dan lain-lain.

Sebagai keynote speaker: Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA. Gubernur Sulut Dr. S. H. Sarundajang, dan Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Dr. Sadjuga , Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat Prof. Dr. Ir. Grevo S. Gerung, MSc. dan Laksamana Madya (Purn) TNI Fred Salem Lonan, dengan moderator Prof. Dr. Ir. Desy Mantiri, DEA.

pembahas dalam seminar ini melibatkan para Dekan Fakultas Perikanan dari IPB Bogor, Undip Semarang, Unibraw Malang, Unhas Makassar, Unhalu Kendari, UNG Gorontalo dan Unpatty Ambon sebagai pembahas.

 

 

 

Sekretaris Komisi Kejaksaan RI Mengunjungi UNSRAT

Dalam rangka rencana kerjasama dalam bentuk MOU antara Komisi Kejaksaan RI dengan Universitas Sam Ratulangi, Sekretaris Komisi Kejaksaan Republik Indonesia Dr. Barita L. H. Simanjuntak, SH, MH yang didampingi rombongan Kejaksaan Tinggi Sulut mengunjungi Universitas Sam Ratulangi (15/9/2015).

Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penganggaran dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. Sangkertadi, DEA dan Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Telly Sumbu, SH, MH menyambut dengan baik kunjungan tersebut bertempat di ruang kerja Rektor.

Dalam pertemuan tersebut juga dibicarakan tentang rencana pelaksanaan seminar nasional terkait fungsi Komisi Kejaksaan RI yang akan dilaksanakan oleh Fakultas Hukum Unsrat yang akan melibatkan civitas akademika pada sekitar akhir bulan oktober nanti.

Halaman 1 dari 5