// google analytics // end google analytics Universitas Sam Ratulangi - Sosialisasi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum

Bahasa Indonesia

Dengan selesainya Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Tumou Tou (T2),

Univesitas Sam Ratulangi tidak lagi membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun akademik 2017/2018

Sosialisasi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum

Rabu, 3 mei 2017 Universitas Sam Ratulangi Manado mengadakan Sosialisasi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.  Dalam Sosialisasi ini hadir sebagai pembawa materi Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H.,M.Hum  Inspektur Jenderal Kemenristekdikti dengan materi Penerapan Remunerasi Pada Perguruan Tinggi Blu dan Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa M.Sc dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti dengan materi Anggaran Riset Berbasis Output.

Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen J Kumaat M.Sc DEA memberikan “ Alih status ini cukup fundamental terutama perubahan paradigma cara berpikir dan cara bertindak. Jika sebelumnya kita termanjakan dengan kondisi ketersediaan segala fasilitas, kita upayakan saat beralih status ini, bahwa pengelolaan keuangan adalah suatu kemandirian dalam merencanakan dan memanfaatkan dana-dana yang ada. Di satu pihak aspek transparansi dan akuntabilitas tentunya akan menjadi etos dan budaya dari setiap unit kerja yang ada, saya berharap terutama bendahara penerima dan pengeluaran dan seluruh yang terkait dengan bidang keuangan dapat terus menggalakkan keberadaan di mana transparansi dan akuntabilitas sangat di butuhkan”.

Dalam kegiatan tersebut Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H.,M.Hum  Inspektur Jenderal Kemenristekdikti mentuturkan Pola - pola Badan Layanan Umum yang di nilai akan lebih transparan dan lebih responsibility dengan harapan, nanti akan di tindaklanjuti dengan apa yang di namakan sebagai remunerasi. Remunerasi hanya bisa di laksanakan Perguruan Tinggi yang menjadi Badan Layanan Umum dan Perguruan Tinggi yang berbadan hukum.

Dan  Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa M.Sc dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti memaparkan mengenai Paradigma riset yaitu menyangkut proses, outputnya dan produktifitas riset di Indonesia, Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa M.Sc juga membukakan mengenai daya saing riset di Indonesia serta bobot penilaian setiap jenis Riset yang dihasilkan . Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa M.Sc berharap Riset di Indonesia dapat menghasilkan invensi dan inovasi yang berujung pada peningkatan daya saing bangsa sehingga Meningkatkan kapasitas dan kompetensi riset Indonesia di ranah global dan Meningkatkan literasi iptek masyarakat.