Skip to content

Green color

Cari

Bahasa


Alamat Kampus:
Kampus Unsrat, Bahu Manado 95115
Telp. (0431)863886,863786
Fax. (0431)822568
Email: rektorat@unsrat.ac.id
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini4845
mod_vvisit_counterKemarin7707
mod_vvisit_counterMinggu ini27683
mod_vvisit_counterMinggu lalu39613
mod_vvisit_counterBulan ini98680
mod_vvisit_counterBulan lalu214699
mod_vvisit_counterTotal4870758

Tamu Online: 311
IP anda: 107.22.37.143
Waktu: 2014-04-16 15:13
Lembaga dan UPT

LEMBAGA PENELITIAN

Lembaga Penelitian merupakan unsur pelaksana Unsrat yang mengkoordinasikan, memantau, menilai pelaksanaan kegiatan penelitian, serta berupaya melaksanakan pembinaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diselenggarakan oleh pusat-pusat penelitian.

Lembaga Penelitian dipimpin oleh ketua yang dibantu oleh sekretaris, tenaga ahli dan tenaga administrasi. Ketua diangkat dan diberhentikan oleh Rektor setelah mendapat persetujuan Senat Universitas serta bertanggungjawab langsung kepada Rektor.
Penelitian merupakan unsur pelaksana dalam lembaga penelitian yang mengkoordinir penyelenggaraan kegiatan penelitian/pengkajian sesuai bidang kajiannya, dengan melibatkan sumberdaya manusia dan fasilitas yang ada di Unsrat, termasuk yang ada di tingkat fakultas. Isu-isu strategis merupakan prioritas penelitian/kajian dari pusat penelitian.
Lembaga penelitian memiliki 6 pusat penelitian, yaitu :
  • Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam
  • Pusat Penelitian Kependudukan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia
  • Pusat Penelitian Teknologi Industri dan Perdagangan
  • Pusat Penelitian Kelautan dan Pengembangan Wilayah
  • Pusat Penelitian Sosial Budaya dan Kebijakan Pembangunan
  • Pusat Penelitian Studi Wanita.
Tugas Kepala Pusat Penelitian adalah mengkoornir dan memberdayakan tenaga peneliti dan tenaga administrasi. Pusat Penelitan dapat dibentuk dan dihapuskan pada lembaga penelitian sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pembentukan dan penghapusan pusat penelitian diatur dan ditetapkan oleh rektor setelah mendapat pertimbangan dari Senat Universitas.
***

LEMBAGA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) adalah unsur pelaksana Unsrat untuk mengkoordinir dan memberdayakan kegiatan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat di lingkungan Unsrat termasuk kegiatan di tingkat fakultas dan ikut mengusahakan serta mengendalikan sumberdaya yang diperlukan.

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat dipimpin ketua dan dibantu oeleh sekretaris, mengkoordinir dan memberdayakan tenaga ahli dan tenaga administrasi. Ketua diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas persetujuan Senat Universitas, serta bertanggunjawab langsung kepada Rektor.

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat terdiri atas 6 pusat abdian, yaitu :

  1. Pusat Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata
  2. Pusat Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata
  3. Pusat Penerapan Teknologi/Penyebarluasan Hasil-hasil Penelitian
  4. Pusat Bantuan Hukum
  5. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Pengusaha Kecil dan Koperasi
  6. Pusat Klinik Konsultasi Bisnis

Jenis dan jumlah pusat abdian dan layanan masyarakat dapat dibentuk dan dihapuskan sesuai kebutuhan dan perkembangan bidang abdian dan layanan. Pembentukan dan penghapusan pusat abdian dan layanan masyarakat diatur dan ditetapkan oleh Rektor setelah mendapat pertimbangan Senat Universitas. 

Pusat abdian dan layanan masyarakat dipimpin olek kepala yang mengkoordinir dan memberdayakan tenaga ahli pengabdian dan tenaga administrasi sesuai bidang dari abdian dan layanannya. Kepala pusat abdian dan layanan masyarakat yang bertanggungjawab kepada Ketua LPM diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas pertimbangan Ketua LPM.
***

LEMBAGA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN
Lembaga pembinaan dan pengembangan pendidikan (LP3) Unsrat yang  berada di bawah Rektor, adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi pembinaan pengkajian dan pengembangan pendidikan/pengajaran.

Tugas pokok LP3 adalah meningkatkan kinerja akademik melalui pembinaan, pengkajian dan pengembangan pembelajaran, kurikulum serta manajemen dan administrasi akademik. Untuk menyelenggarakan tugasnya, lembaga ini mempunyai fungsi :
  • Membina, mengkaji dan mengembangkan metode serta sistem pembelajaran dan evaluasi belajar.
  • Mengkaji, membina dan mengembangkan kurikulum dan program studi.
  • Mengkaji, membina dan mengembangkan kemampuan serta kinerja dalam manajemen dan administrasi akademik.
  • Menerbitkan piagam, sertifikat serta surat keterangan lainnya yang dilegalisir oleh Rektor dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan lembaga.
  • Membina dan menjalankan ketatausahaan LP3.

LP3 terdiri dari ketua, sekretaris, pusat-pusat, unit-unit dan bagian tata usaha. Ketua diangkat dan diberhentikan serta bertanggungjawab kepada Rektor atas pertimbangan senat universitas. LP3 terdiri dari pusat pembinaan dan pengembangan aktivitas instruksional (P3AI). P3AI membawahi :

  1. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum dan Program Studi
  2. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Manajemen dan Administrasi Perguruan Tinggi.

Jenis dan jumlah Pusat pembinaan dan pengembangan Pendidikan dapat dibentuk dan ditetapkan oleh Rektor setelah mendapat pertimbangan Senat Universitas. Pusat Pembinaan dan Pengembangan dipimpin oleh Kepala Pusat dan tiap pusat terdiri dari beberapa unit pembinaan dan pengembangan sesuai esensinya yang dipimpin oleh Kepala Unit. Kepala Pusat dan Kepala unit dalam PL3, diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas persetujuan Ketua LP3.
***


UNIT PELAKSANAN TEKNIS

(UPT)
Unsrat mempunyai unsur penunjang yang berbentuk unit pelaksana teknis (UPT), yaitu perangkat di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berada di luar struktur fakultas, jurusan/bagian, dan laboratorium. UPT terdiri dari pimpinan, kelompok tenaga ahli, dan unit pelaksana pelayanan administrasi, dan bertugas memberikan pelayanan untuk menunjang penyelenggaraan universitas.
Unit Pelaksana Teknis yang terdapat di Unsrat adalah:

PERPUSTAKAAN

  1. Perpustakaan adalah unit Pelaksanaan Teknis di bidang perpustakaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan pembinaannya dilakukan oleh Pembantu Rektor I.
  2. Pepustakaan dipimpin oleh Kepala yang ditunjuk di antara pustakawan senior di lingkungan Perpustakaan.
  3. Perpustakaan mempunyai tugas memberikan layanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Perpustakaan mempunyai tugas memberikan layanan bahan Pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk menyelenggarkaan tugas tersebut perpustakaan mempunyai fungsi :

  • Menyediakan dan mengolah bahan pustka
  • Memebrikan layanan dan pendayagunaan bahan pustaka
  • Memelihara bahan pustaka
  • Melakukan layanan referensi
  • Melakukan urutan tata usaha perpustakaan

Perpustakan terdiri atas :

  1. Kepala;
  2. Sub Bagian Tata Usaha;
  3. Kelompok Pustakawan

Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan tata usaha rumah tangga Perpustakaan
Kepala Sub Bagian Tata Usaha secara fungsional bertanggungjawab kepada epala Perpustakaan dan secara administrasi kepada Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

  • Kelompok Pustakawan terdiri atas sejumlah pustakawan dalam jabatan dungsional
  • Kelompok Pustakawan dipimpin oleh seorang pustakawan di lingkungan Perpustakaan
  • Jumlah Pustakawan ditetapkan menurut kebutuhan
  • Jenis dan Jenjang pustakawan diatur sesuai dengan ketentuan perundang-undang yang berlaku.

***

PUSAT KOMPUTER

  1. Pusat Komputer adalah unit Pelaksanaan Teknis dibidang pengelolaan data yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan pembinaannya dilakukan oleh PR I
  2. Pusat Komputer dipimpin oleh seorang Kepala yang ditunjuk di antara tenaga akademik/tenaga teknis komputer senior di lingkungan Pusat Komputer
  3. Pusat Komputer mempunyai tugas mengumpulkan. Mengelola. Menyajikan dan menyimpan data dan informasi serta memberikan layanan untuk program-program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Pusat Komputer mempunyai fungsi :

  • Mengumpulkan dan mengelola data dan informasi
  • Menyajikan, menyimpan data dan informasi
  • Melakukan urusan tata usaha Komputer.

Pusat Komputer terdiri atas :

  1. Kepala
  2. Sub Bagian tata Usaha
  3. Kelompok tenaga akademis dan tenaga teknis komputer

Sub Bagian tata usaha mempunyai tugas melakukan urusan tata usaha dan rumah tangga Pusat Komputer

Kepada Sub Bagian Tata usaha secara fungsional bertanggung jawab kepada Kepala pusat Komputer dan secara administratif bertanggungjawab kepada Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan.

  1. Kelompok tenaga akademik dan tenaga teknis komputer terdiri dari sejumlah tenaga akademik dan tenaga teknis komputer dalam jabatan fungsional di bidang pengolahan data dengan komputer.
  2. Kelompok tenaga akademik dan tenaga teknis komputer dipimpin oleh seorang senior yang ditunjuk di antara tenaga akademik dan tenaga teknis komputer.
  3. Jumlah tenaga akademik dan tenaga teknis komputer ditetapkan menurut kebutuhan.
  4. Jenis dan jenjang tenaga akademis/tenaga teknis komputer diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Sumber OTK'95
{jgototop}{/jgototop}