buy clomid appearance surgical order flomax regimen treatment order zithromax without prescrption massages surgery buy amoxicillin Wetting Muscle order ventolin familiar beyond order dapoxetine without prescrption colored perhaps buy priligy too movement
Skip to content

Green color

Cari

Bahasa


Alamat Kampus:
Kampus Unsrat, Bahu Manado 95115
Telp. (0431)863886,863786
Fax. (0431)822568
Email: rektorat@unsrat.ac.id
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1196
mod_vvisit_counterKemarin1880
mod_vvisit_counterMinggu ini4639
mod_vvisit_counterMinggu lalu12054
mod_vvisit_counterBulan ini32479
mod_vvisit_counterBulan lalu51994
mod_vvisit_counterTotal5372082

Tamu Online: 100
IP anda: 39.248.192.230
Waktu: 2014-10-21 14:47
Penerimaan Mahasiswa

MAHASISWA BARU

Penerimaan mahasiswa baru Program Diploma, Sarjana. Spesialis, Magister dan Doktor dilakukan oleh Rektor Unsrat yang pelaksanaannya diatur dengan ketentuan sebagai berikut :
 

1.  Penerimaan mahasiswa baru untuk program diploma dan program sarjana regular.

  • Penerimaan mahasiswa baru untuk program diploma dilaksanakan melalui ujian seleksi masuk.
  • Penerimaan mahasiswa baru untuk program sarjana dilaksanakan melalui 4 jalur, yaitu :
  • Sistem penelusuran prestasi, yang dilakukan melalui seleksi berkas berdasarkan prestasi  dan dilanjutkan dengan ujian tulis, yang dikenal dengan nama program "Tumou Tou (T2)".
  • Sistem penyaringan mahasiswa secara nasional, yang dilakukan melalui ujian tulis, yang dikenal dengan nama Seleksi Nasiona Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  • Sistem penerimaan lain yang ditetapkan oleh rektor, yang dikenal dengan nama program "Sumikolah".
  • Sistem penjaringan berbasis kemitraan (Program "Kemitraan"), yang dilakukan melalui seleksi berkas dan ujian tulis.
  • Bagi program studi tertentu dilakukan tes wawancara dan atau psikotes.

    SEKRETARIAT : JL. KAMPUS UNSRAT, BAHU, MANADO 95115 Telp. (0431) 863886, 863786
    Kontak Person: Marthen (08124465578), Jenny (085240630567),

2. Penerimaan mahasiswa baru untuk program sarjana non regular

  • Lulus program sarjana dari satu program studi tertentu yang berminat mengikuti program studi lain.
  • Pernah mengikuti kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) yang terakreditasi, dan telah lulus matakuliah sekurang-kurangnya 42 sks, serta bukan mahasiswa putus studi dari perguruan tinggi asal.
  • Lulus sekolah menengah umum atau sekolah menengah kejuruan.
  • Lulus ujian seleksi yang dilakukan oleh panitia penerimaan penyetaraan.
  • Keputusan lulus seleksi masuk program sarjana non regular hanya berlaku pada tahun ajaran diadakannya seleksi.

3. Penerimaan mahasiswa baru untuk Program Magister (S2) dilaksanakan melalui ujian tulis.
4. Penerimaan mahasiswa baru untuk Program Doktor (S3) dilaksanakan melalui ujian tulis dan lisan.
5. Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

  • a.Persyaratan administrasi
  1. Pada program Diploma dan Sarjana, calon mahasiswa harus memiliki surat tanda tamat belajar (STTB) dan surat tanda lulus (STL) dari sekolah menengah umum (SMU), sekolah menengah kejuran (SMK) atau sederajat (Madrasah Aliyah, dan lain-lain).
  2. Pada Program Pendidikan Profesi, calon mahasiswa harus memiliki ijazah sarjana sesuai dengan profesi yang akan diikuti.
  3. Pada program spesialis I, calon mahasiswa harus memiliki ijazah sarrjana dan ijazah profesi yang sesuai dengan bidangnya.
  4. Pada program Magister, calon mahasiswa harus memilki ijazah sarjana denan indeks prestasi kumulatif (IPK) ≥ 2,75 dari PTN atau PTS yang diakui oleh negara atau perguruan tinggi luar negeri yang telah diakreditasi oleh Mendiknas.
  5. Pada Program Doktor, calon mahasiswa harus memiliki ijazah magister dengan IPK ≥ 3,5 dari PTN atau PTS yang diakui oleh negara atau perguruan tinggi luar negeri yang telah diakreditasi oleh Mendiknas.
  6. Pada Program Magister dan Doktor, calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan berkas tersebut kepada Rektor melalui Direktur Program Pascasarjana Unsrat.
  • b.Persyaratan akademik
  1. Pada program Diploma dan Sarjan, calon mahasiswa harus lulus ujian berkas dan atau seleksi masuk Unsrat.
  2. Pada program spesialis I, calon mahasiswa harus lulus ujian seleksi masuk yang dilakukan oleh program studi dan bagian yang bersangkutan.
  3. Pada Program Magister dan Doktor, calon mahasiswa harus lulus ujian seleksi yang dilakukan oleh program pascasarjana (PPS)
  4. Seleksi masuk calon mahasiswa Program Magister dan Doktor dilaksanakan sebagai berikut :
  5. Kriteria seleksi meliputi kemampuan akademik dan kesesuian dengan bidang studi yang dipilih, kelengkapan persyaratan serta kemampuan berbahasa inggris atau bahasa asing lainnya.
  6. Dilaksanakan oleh Tim PPS yang terdiri dari Ketua Program Studi (KPS), ketua konsentrasi studi serta pihak terkait lainnya.
  7. Seleksi dilaksanakan sesuai kalender akademik.
  8. Calon mahasiswa yang diterima, ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor Unsrat.
  9. Syarat lain tentang penerimaan mahasiswa baru, ditetapkan oleh Panitia seleksi masuk Unsrat.

Mahasiswa Asing

Penerimaan calon mahasiswa asing diatur berpedoman pada ketentuan sebagai  berikut :

  1. Penerimaan mahasiswa asing di Unsrat berpedoman pada keputusan Depdiknas.
  2. Warga negara asing dapat diterima sebagai mahasiswa pada Program Pascasarjana (PPS) Unsrat jika telah memenuhi persyaratn yang ditetapkan oleh PPS sebagaimana disebutkan sebelumnya.
  3. Mahasiswa asing yang terdaftar sebagai mahasiswa program magister atau doctor pada perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Mendiknas, dapat diterima sebagai mahasiswa riset selama periode tertentu di PPS Unsrat.
  4. Mahasiswa dari perguruan tinggi luar negeri  yang memiliki perjanjian kerjasama resmi dengan Unsrat, dapat mengikuti pembelajaran di Unsrat sesuai dengan kesepakatan kerjasama sambil mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Depdiknas.

Mahasiswa Pindahan
1.)Mahasiswa pindahan dari PTN atau PTS terakreditasi dapat diterima di program studi yang sesuai dengan program studi yang telah ditempuh oleh mahasiswa bersangkutan di perguruan tinggi asal, dengan syarat sebagai berikut :

  • Bukan mahasiswa putus sekolah
  • Membawa surat persetujuan pindah dari Rektor perguruan tinggi asal, yang disertai dengan surat rekomendasi.
  • Disetujui oleh dekan fakultas tujuan atau direktur PPS Unsrat.

2.)Mahasiswa Unsrat yang akan pindah program studi dari program sarjana ke program sarjana yang lain, program sarjana ke program diploma, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Tidak dikeluarkan oleh Unsrat
  • Mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor Unsrat
  • Daya tampung bagi program studi yang dituju oleh mahasiswa pindahan masih memungkinkan.
  • Disetujui oleh dekan fakultas tujuan
  • Mendaftarkan diri pada biro administrasi, akademik dan kemahasiswaan (BAAK) Unsrat sesuai dengan jadwal pendaftaran semester yang bersangkutan setelah permohonan diterima.

3.)Mahasiswa yang pindah dari program studi yang lain dalam lingkup fakultasnya, mengajukan permohonan kepada dekan terkait yang tembusannya ditujukan kepada Rektor Unsrat. Persetujuan dan penolakan terhadap permohonan tersebut ditentukan oleh Dekan atas pertimbangan Ketua Jurusan, dua minggu sebelum kegiatan akademik berlangsung.

4.)Mahasiswa Program Pascasarjana dari PTN atau PTS terakreditasi, dapat pindah ke Program Pascasarjana (PPS) Unsrat jika memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada program studi yang sama di PTN atau PTS asal, pada saat mengajukan permohonan pindah ke PPS Unsrat.
  • Lulus evaluasi 2 semester dan bukan mahasiswa yang putus studi.
  • Memiliki IPK ≥ 3,00.
  • Memperolah persetujuan dari Direktur dan Ketua Program Studi (KPS) Unsrat serta dikaitkan dengan pertimbangan daya tampung program studi tersebut.

5.)Mahasiswa dalam lingkungan PPS Unsrat dapat pindah program studi jika memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada salah satu program studi di PPS Unsrat pada saat mengajukan permohonan pindah ke program studi lain.
  • Lulus evalusi 2 semester dan bukan mahasiswa putus studi
  • Memiliki IPK ≥ 3,00.
  • Permohonan pindah diajukan sebelum semester baru dimulai.
  • Memperolah persetujuan dari Direktur dan Ketua Program Studi (KPS) Unsrat dari program studi asal yang dituju.

6.)Syarat-syarat penerimaan mahasiswa program pascasarjana pindahan dari perguruan tinggi luar negeri atau program pascasarjana terakreditasi lain di dalam negeri , ditentukan oleh Direktur PPS Unsrat.
7.)Penerimaan mahasiswa pindahan dilaksanakan pada setiap permulaan tahun akademik.
8.)Penerimaan mahasiswa poindahan dari luar negeri ditetapkan tersendiri dengan SK Rektor Unsrat. 


Mahasiswa Titipan

  1. Mahasiswa titipan adalah mahasiswa dari  perguruan tinggi asalnya, yang memiliki kerjasama dengan Unsrat, yang dititipkan untuk belajar atau diuji dalam satu atau beberapa matakuliah pada program studi lingkup Unsrat.
  2. Mahasiswa titipan diwajibkan mengikuti peraturan yang berlaku di Unsrat, selama berada di  Unsrat.
  3. Tatalaksana penitipan mahasiswa serta hak dan kewajibannya diatur dengan peraturan tersendiri yang diterbitkan oleh Rektor Unsrat.

KHUSUS PROGRAM T2

Khusus penerimaan mahasiswa baru Unsrat untuk program sarjana(regular) melalui jalur atau sistem penelusuran prestasi atau yang telah dikenal dengan nama Program "Tumou Tou (T2)"

Program T2 adalah merupakan bagian dari upaya pemerataan kesempatan belajar di perguruan tinggi dengan cara memberikan kesempatan kepada para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA) yang berprestasi untuk mengikuti pendidikan sarjana (s1) melalui proses seleksi Program Tumou Tou (T2) tanpa mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Penerimaan mahasiswa baru Unsrat melalui Program T2 ini dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

Peserta Seleksi

  1. Peserta adalah siswa kelas III SMA, SMK, atau Madrasah Aliyah (MA), negeri maupun swasta, yang berprestasi (berperingkat atas) dan akan lulus ujian akhir nasional (UANAS) pada tahun berjalan.
  2. Untuk dapat mengikuti proses seleksi program T2, para siswa berprestasi dari setiap SMA, SMK, atau MA tersebut, mengambil Formulir T2 di Sekretariat panitia Pelaksana Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program T2 Unsrat, atau dapat mendownloadnya/KLIK DISINI

Administrasi

1.)Peserta mengajukan surat lamaran tertulis yang ditandatangani oleh pelamar dengan persetujuan orangtua/wali dan ditujukan kepada Rektor Unsrat (lihat contoh format lamaran)

2.)Setiap peserta Seleksi Program T2 dikenakan biaya administrasi dan disetor atau dikirim langsung ke BNI Cabang Manado dengan Rekening Giro No. 0066416638.

3.)Berkas yang dilampirkan bersama surat lamaran meliputi :

  • Fotokopi STTB SLTP dilegalisir olah Kepala Sekolah
  • Fotokopi rapor SMA/SMk/MA, dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  • Lembar formulir T2 yang telah diisi oleh pelamar.
  • Pasfoto warna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 1 buah
  • Sertifikat/tanda penghargaan dari kegiatan-kegiatan ketrampilan serta kemampuan akademik tambahan lainnya yang dianggap relevan.
  • Fotokopi bukti pembayaran biaya administrasi melalui BNI dengan Rekening Giro No. 0066416638 a.n. Rektor Unsrat / Pendaftaran T2

4.)Surat lamaran beserta semua berkas lampiran sudah harus diterima oleh Rektor Unsrat pada batas waktu yang ditentukan oleh Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru.

5.)Nama fakultas dan program studi di Unsrat beserta lulusan SLA yang dapat memasukinya, dapat dilihat pada Tabel 2-2.

Pelaksanaa, hasil seleksi serta biaya seleksi

  1. Seleksi berkas lamaran peserta bersama lampiran-lampirannya dan penilaian akademik akan dilakukan oleh Panitia Pelaksana Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program T2 Unsrat. Nilai rapor dari mata ajaran yang relevan dengan program studi yang diminati serta evaluasi penilaian akademik, ikut menentukan diterima tidaknya peserta seleksi.
  2. Evaluasi penilaian akademik (Ujian T2) dilaksanakan paling lambat pada  minggu pertama Juni.
  3. Pengumuman peserta yang lulus seleksi dapat diketahui melalui koran lokal dan papan pengumuman atau dapat diakses dalam situs Unsrat, sesudah pengumuman hasil UANAS tahun berjalan.
  4. Peserta yang lulus seleksi Program T2 diwajibkan mendaftar kembali di : Sekretariat Program T2 Universitas Sam Ratulangi, Jl. Kampus Unsrat, Manado, dengan membayar sejumlah biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-
  5. Peserta yang lulus seleksi tetapi tidak lulus ujian akhir SMA/SMK/MA atau tidak mendaftar kembali sampai dengan batas waktu yang ditetapkan, dengan sendirinya penerimaan peserta dinyatakan batal.

 Item:
AKADEMIK

{jgototop}{/jgototop}