menu

Acara Puncak Dies Natalis ke-56 Universitas Sam Ratulangi


 Senin, 06 November 2017     3:11 PM     281     Peristiwa
Acara Puncak Dies Natalis ke-56  Universitas Sam Ratulangi

Senin, 6 November 2017 Universitas Sam Ratulangi menggelar acara Puncak Dies Natalis ke 56. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Kepala dinas, dan tamu undangan lainnya. Dalam acara tersebut Rektor Universitas Sam Ratulangi menyempaikan sambutan dan pelaporannya, rektor mengatakan: “Universitas Sam Ratulangi dengan Status perguruan tinggi negeri berdiri sejak tahun 1961. Sebagai suatu universitas, Unsrat memiliki cakupan bidang ilmu baik jenjang S1, S2, dan S3 yang terus berkembang dari waktu ke waktu dan Universitas Sam Ratulangi yang merupakan perguruan tinggi negeri dengan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum diharapkan akan semakin mandiri dan leluasa untuk berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Ke depan diharapkan akan lahir berbagai produk inovasi yang berorientasi pasar. Kami akan terus memastikan arah pengembangan Universitas Sam Ratulangi ini on the right track yaitu melalui produk riset dan lulusan yang berdaya saing tinggi, unggul, serta berbudaya.”

Dalam Pelaporannya, rektor Unsrat menyampaikan bahwa Unsrat akan terus berupaya mewujudkan tercapainya perguruan tinggi berkelas dunia dengan memegang teguh nilai-nilai kecendekiaan, budaya, serta kemandirian. Seluruh potensi yang dimiliki Universitas Sam Ratulangi terus digerakkan secara optimal dan berkelanjutan, dimulai dari pendidikan  untuk mencapai kompetensi akademik; penguatan karakter dalam kehidupan bermasyarakat; penampilan prestasi di tingkat nasional maupun internasional; serta penguatan jejaring kolaborasi melalui kerjasama pendidikan, penelitian, serta kegiatan penunjang seperti pembangunan gedung-gedung dan lingkungan kampus”. Dalam menutup laporannya, rektor mengatakan bahwa tekad kuat serta upaya sungguh-sungguh untuk menjadikan Unsrat sebagai “Universitas yang unggul dan berbudaya” secara bertahap telah mulai menampakkan hasil. Sekalipun berada dalam suatu proses yang panjang, namun arah yang ditunjukan telah sesuai dengan misi yang ada.

Dan Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE membawakan orasi ilmiah dengan judul Pentingnya pemahaman dan Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan Kampus. Gubernur Sulawesi Utara ini mengatakan “Saya memilih judul ini, secara umum, beberapa permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia, secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan kondisi penyelenggaraan pendidikan tinggi secara nasional. Pemecahan permasalahan yang ada dapat dilakukan dengan meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila bagi dunia kampus yang terdiri dari dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari didalam kampus dan di luar kampus.”

Acara Puncak Dies Natalis ke 56 Universitas Sam Ratulangi berjalan dengan baik yang dirangkaikan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba-lomba dalam rangka dies Natalis Unsrat. Dies Natalis Universitas Sam Ratulangi pun semakin menarik dengan menampilkan keragaman budaya yang ada di Indonesia khususnya keragaman budaya yang ada di Sulawesi Utara.

 Administator

Bagikan