menu

FGD Penyusunan Draft RUU tentang Perubahan Atas UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan


 Rabu, 27 Maret 2019     6:18 PM     117     Peristiwa
FGD Penyusunan Draft RUU tentang Perubahan Atas UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan

Manado, 27-03-2019 - Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dalam sambutannya mengatakan : Kawasan hutan negara seperti hutan produksi terbatas, hutan lindung dan kawasan konservasi menurut Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 seharusnya tidak mengalami deforestasi, namun di pasal lainnya (UU yang sama) dikatakan pemanfaatan hutan yang berfungsi lindung dan konservasi dapat dilakukan sepanjang tidak mengganggu fungsinya.
Publikasi Forest Watch Indonesia (2014) melaporkan bahwa laju deforestasi yang terjadi dihutan produksi terbatas, hutan lindung dan kawasan konservasi mencapai 31% dari luas total deforestasi di Indonesia dan justru deforestasi hutan marak terjadi di area hutan lindung dan konservasi.
Lanjut Rektor, degradasi hutan membawa dampak buruk pada lingkungan. World Resources Institute menempatkan Indonesia sebagai negara nomor enam penghasil emisi rerbesar dunia. Berbagai kondisi yang menjadi dampak degradasi hutan menjadi contoh pentingnya ketegasan dalam law enforcement, tanpa ketegasan regulasi berperan sebagai pedang dengan mata dua. Sisi luar pedang regulasi itu menjaga hutan dari pembangunan yang tak terkendali, sementara di sisi dalam justru mendorong aktifitas yang giat menebas hutan dan akhirnya mengancam peran hutan sebagai sumber daya alam maupun sebagai ekosistem penyangga kehidupan.
Rektor berharap, produk akhir harus bersifat sound science and good judgement.
Ketua Tim Komisi IV DPR-RI Bpk. Dr. Hermanto SE. MM dalam sambutannya mengatakan : Maksud dan tujuan kunjungan kerja Komisi IV DPR-RI ke Sulawesi Utara khususnya Universitas Sam Ratulangi ini dalam rangka melaksanakan fungsi kebijakan legislasi yang merupakan salah satu dari tiga fungsi dewan, yaitu : Fungsi Pengawasan, Fungsi Anggaran dan Fungsi Legislasi.
Lanjut Ketua Tim Komisi IV DPR-RI, Focus Group Discussion dilaksanakan di Universitas Sam Ratulangi ini untuk konsultasi publik dan jaring pendapat dalam rangka Pembentukan RUU Perubahan atas Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan.
FGD ini dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR-RI dan Mitra Komisi IV DPR-RI serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

 Administator

Bagikan