menu

Kuliah Umum dan Seminar "Peran dan bijak POLRI merajut Bhineka Tunggal Ika dalam mensukseskan pembangunan nasional dan daerah"


 Jumat, 10 Agustus 2018     10:57 AM     432     Peristiwa
Kuliah Umum dan Seminar

Kamis, 9 Agustus 2018 - Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dalam sambutannya mengatakan : Kita ketahui bersama bahwa dalam kaitannya dengan masyarakat sipil, Polisi Republik Indonesia memegang peran vertikal dan horizontal. Secara vertikal, Polri merupakan institusi yang dapat menginstruksikan masyarakat dalam upaya penegakan hukum dan secara horizontal, Polri mengayomi dan melayani masyarakat terutama dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban umum.

Dalam kuliah umum ini, Rektor menegaskan akan peran Tridharma Perguruan Tinggi yang harus benar-benar bebas dari segala paham radikalisme yang dapat memecah persatuan dalam keberagaman.
Rektor mengharapkan melalui kuliah umum ini, akan terjadi pencerahan dalam mempertajam peran dan fungsi kita masing-masing melalui berbagai profesi yang ada, sekalipun profesi berbeda-beda namun tujuan kita sama yaitu demi membangun daerah dan negara yang sama-sama kita cintai ini.

Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Sulut Drs. Meki M. Onibala M.Si dalam sambutannya mengatakan : Kaitan dengan topik seminar ini, di harapkan Gubernur dapat di maksimalkan manfaatnya oleh mahasiswa dan alumni Universitas Sam Ratulangi. Dalam sambutan ini juga, Gubernur membutuhkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat termasuk segenap mahasiswa, alumni dan civitas akademika UNSRAT mendukung program Polri.
Dukungan ini juga tentunya harus diawali lewat pemahaman secara komprehensif terhadap strategisnya peran Polri bagi pembangunan bangsa sehingga nantinya dukungan yang diberikan terarah dan sesuai apa yang dibutuhkan oleh Polri.
IRWASUM Polri Komjen. Pol. Drs. Putut Eko Bayuseno SH sebagai pembicara dalam seminar ini mengambil tema : "Peran dan bijak POLRI merajut Bhineka Tunggal Ika dalam mensukseskan pembangunan Nasional dan Daerah".
IRWASUM Polri dalam penjelasannya mengatakan : Peran Polri tertuang dalam Pasal 5 UU RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang memelihara kamtibmas, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.
Menutup kuliah umum ini, IRWASUM Polri mengajak seluruh civitas akademika dan mahasiswa UNSRAT untuk mempertahankan keutuhan bangsa. (kiki)

 Administator

Bagikan