menu

Rektor Prof. Dr. Ir. Ellen J. Kumaat, MSc., DEA menjadi yang terbaik dalam Academic Leader Award 2019


 Rabu, 02 Oktober 2019     1:28 PM     2593     Peristiwa
Rektor Prof. Dr. Ir. Ellen J. Kumaat, MSc., DEA menjadi yang terbaik dalam Academic Leader Award 2019

Manado, Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen J. Kumaat, MSc., DEA menjadi pemenang pertama dalam Academic Leader Award 2019 pada kategori Dosen dengan tugas tambahan Rektor PTN BLU yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti pada hari Selasa, 1 Oktober 2019. Acara yang diselenggarakan di Hotel Vertu Harmoni, Jakarta tersebut berlangsung meriah dan dihadiri oleh para rektor, dosen, dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Prof. Dr. Ir. Ellen Kumaat adalah Perempuan pertama yang mendapatkan gelar ini sebagai Rektor dan juga yang pertama dari wilayah Indonesia Timur.

 

Pada sambutan pembukaan, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Ali Ghufron Mukti mengungkapkan, kemampuan leadership menjadi modal utama bagi rektor untuk memimpin perguruan tinggi. Terlebih, saat ini Indonesia tengah mengejar pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk peningkatan daya saing bangsa.

“SDM unggul tidak akan ada tanpa perguruan tinggi yang berkualitas. Perguruan tinggi berkualitas ada karena dosen-dosen yang andal. Untuk membentuk iklim akademik yang kondusif, tentu dibutuhkan kepemimpinan yang baik pula,” tutur Dirjen Ghufron, Selasa (1/10).

Dirjen Ghufron menambahkan, penghargaan ini juga mendorong agar dosen fokus kepada bidang keilmuannya sehingga menjadi panutan bagi rekan sejawatnya. Menurut dia, selama ini tak sedikit dosen justru lebih mengejar karier untuk jabatan struktural. Padahal, tugas pokoknya adalah pada pengembangan keilmuan, meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Kesadaran untuk tidak melupakan khitahnya, yakni karier akademik dan pemimpin di bidang keilmuannya kami bangun salah satunya melalui apresiasi malam ini. Khusus bagi para rektor, kami lihat mereka yang mampu membawa perubahan dan lompatan bagi kemajuan institusinya,” sebut Dirjen Ghufron.

Rektor Prof. Dr. Ir. Ellen J. Kumaat menjadi pemenang karena memberikan lompatan yang besar untuk membawa UNSRAT menjadi Universitas yang Unggul dan Berbudaya, dari peringkat 70 saat baru menjabat pada tahun 2014 menjadi peringkat 27 dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi versi Kemenristekdikti. Selain itu pada tahun 2017 UNSRAT menjadi Perguruan Tinggi yang terakreditasi A oleh BAN-PT juga ditahun yang sama mampu merubah statusnya menjadi PTN-BLU sesuai dengan target yang dibebankan oleh Menteri Kemenristekdikti. Peningkatan jumlah publikasi pada jurnal internasional bereputasi juga melonjak tajam serta persentasi Doktor dan Guru Besar yang meningkat dari tahun 2014 ke tahun 2017. Belum lagi prestasi-prestasi Individu dari Rektor UNSRAT seperti inovasi yang dilakukan pada pengembangan penelitian Struktur Beton yang berdampak secara nasional. Dan penghargaan-penghargaan lain sebagai dosen seperti penghargaan prestisius saat menulis disertasi di Prancis pada tahun 1994 yaitu Mahar Schutzenberger Prize dimana penghargaan ini untuk Disertasi Terbaik dari mahasiswa yang studi S3 di Prancis, terus gelar Dosen Teladan tingkat Fakultas, Universitas dan Nasional di tahun 1995.

Adapun Academic Leader Award adalah Penghargaan yang sangat prestisius karena ini akan diberikan kepada rektor dan dosen yang sepanjang karirnya telah menghasilkan karya inovasi bidang pembelajaran, bidang penelitian dan publikasi ilmiah serta inovasi dalam bidang sains dan teknologi secara nasional dan internasional yang sangat bermanfaat bagi pembangunan nasional. Tahun 2019 adalah yang kedua setelah pertama kali dilaksanakan oleh Kemenristekdikti tahun 2018, dan Penghargaan ini akan diberikan kepada rektor dan dosen yang sepanjang karirnya telah menghasilkan karya inovasi bidang pembelajaran, bidang penelitian dan publikasi ilmiah serta inovasi dalam bidang sains dan teknologi secara nasional dan internasional yang sangat bermanfaat bagi pembangunan nasional.

 Administator

Bagikan