menu

Seminar DPD RI di UNSRAT tambah Wawasan Dasar Negara


 Sabtu, 30 September 2017     4:28 AM     526     Peristiwa
Seminar DPD RI di UNSRAT tambah Wawasan Dasar Negara

Manado, 30-09-2017 - Seminar bertemakan “Amandemen UUD 1945, Peran DPD RI, dan Aktualisasi Pancasila,” berlangsung edukatif di Lt. 4, Gedung Rektorat Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Jumat (29/9/2017). Dengan pembicara, Wakil Ketua Bidang II DPD RI, Prof. Dr. Ir. Hj. Darmayanti Lubis.

Dalam sambutannya, Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, mengapresiasi pelaksanaan seminar dan mengharapkan kiranya kegiatan ini bisa menambah wawasan tentang dasar negara. Sehingga, pada saat diimplementasikan di lapangan, tindakan yang diambil bisa mencerminkan kelima sila dalam dasar negara. Karena masalahnya saat ini, bagaimana rakyat Indonesia bisa menghidupkan nilai-nilai dasar negara secara konsisten dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara di kehidupan sehari-hari.

“Pancasila memanglah tumbuh dari gagasan intelektual yang merefleksikan kepribadian dan jiwa bangsa Indonesia. Secara fundamental menunjung tinggi kehidupan bermoral dan bermartabat. Masalahnya sekarang, bagaimana masyarakat Indonesia menghidupkan nilai-nilai itu secara konsisten, sehingga tidak hanya indah dalam konsep belaka. Karena hanya dengan menghidupkan Pancasila secara nyata dan konsisten dalam perbagai aspek kehidupan berbangsa bernegara, akan terbangun tameng yang kokoh dari berbagai ancaman yang bermuara pada penurunan nilai ke-Indonesiaan negara kita tercinta,” lugasnya.

“Melalui seminar ini, kiranya wawasan serta persepsi kita semakin ditingkatkan lagi. Sehingga, pada saatnya untuk melakukan aksi dan mengambil tindakan, kar-benar mencerminkan dan merefleksikan kelima sila yang terpatri dalam dasar negara kita,” tambahnya.

Dalam sambutan Prof. Kumaat, beliau mengutip salah satu kalimat Bapak Pendiri Bangsa Indonesia, Ir. Soekarno, “Saya seyakin-yakinnya, bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke hanyalah dapat bersatu-padu di atas dasar Pancasila.”

Seminar diikuti segenap jajaran pimpinan Unsrat, dosen, dan mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Pengembangan Sumber Daya Pembangunan Unsrat.

(Sumber berita: http://komunikasulut.com/2017/09/29/prof-kumaat-kiranya-seminar-dpd-ri-tambah-wawasan-dasar-negara/)

 

 Stanley Karouw

Bagikan