menu

Workshop "Pengelolaan Sampah Perairan Teluk Manado"


 Rabu, 15 Agustus 2018     4:31 PM     279     Peristiwa
Workshop

Jumat, 10 Agustus 2018 - Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dalam sambutannya mengatakan : Menurut BBC News, permasalahan sampah plastik di Indonesia sudah sangat akut, semua kota besar tidak lepas dari krisis sampah plastik. Lanjut Rektor, tantangan kita adalah mendapatkan sikap publik yang merata serta kemauan politik.

Rektor menyarankan, agar setiap kampanye politik atau calon pemimpin wajib menyertakan komitmen terhadap lingkungan hidup. Pemecahan masalah sampah plastik harus melibatkan seluruh pihak termasuk penegakan hukum, pendidikan dan keteladanan sosial, juga mendidik siswa/mahasiswa agar mencintai lingkungan harus diimbangi dengan perilaku semua komponen masyarakat. It takes a village to educate one person.
Rektor berharap lewat Workshop ini dapat dihasilkan berbagai pendekatan yang tersistem serta berkelanjutan, sehingga kita tidak hanya berkutat di teori semata tetapi solusi-solusi praktis yang dapat dilaksanakan.
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang diwakili oleh Dr. Nani Hendiarti sebagai Asisten Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim dalam pemaparannya membahas Peran Pemerintah Pusat dan Daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah.

Dalam hal ini, asisten deputi memaparkan 5 strategi dalam rencana aksi nasional : Perubahan perilaku, mengurangi kebocoran dari darat, mengurangi kebocoran dari laut, peningkatan penegakan hukum dan pendanaan serta penelitian dan pengembangan. Workshop ini kerjasama Universitas Sam Ratulangi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. (kiki)

 Administator

Bagikan